Workshop Penyusunan Dokumen RPJMD dan Renstra OPD : Langkah awal untuk Perencanaan Pembangunan Daerah Yang Lebih Baik

foto-1

Bappeda– Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda) Kota Pariaman menyelenggaran Workshop Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Renstra Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), pada hari Selasa (7/8) di Hotel Nan Tongga, yang dihadiri oleh seluruh Sekretaris dan Kasubag. Program dan Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) di lingkungan Kota Pariaman. Mewakili Walikota Pariaman Indra Sakti selaku Sekretaris Daerah (Sekda) memberikan kata sambutannya bahwa ketika terpilihnya kepala daerah baru Bappeda selaku Koordinator dalam perencanaan harus menyusun dokumen RPJMD periode 2018-2023 serta penyusunan Renstra OPD yang terlebih dahulu diawali dengan rancangan teknokratik RPJMD. Dalam penyusunan RPJMD tentu tidak bisa dilakukan oleh Bappeda saja akan tetapi perlu dukungan dan kerja sama seluruh OPD, oleh karena itu OPD perlu menyusun Renstra yang bersamaan dengan penyusunan RPJMD ulasnya. Lebih lanjut Indra Sakti menjelaskan bahwa kedua dokumen ini saling mengisi artinya dokumen Renstra adalah dokumen yang menjadi pendukung dalam penyusunan RPJMD dan begitu juga sebaliknya RPJMD merupakan acuan dalam penyusunan Renstra.foto-2-3
Sekretaris Bappeda, Hidayat dalam laporan panitia pelaksana menyampaikan kegiatan workshop ini di latar belakangi karena Bappeda melaksanakan 3 aspek penting dalam manajemen pembangunan nasional dan daerah yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, yang saling terkait satu sama lain ujarnya. Untuk mencapai ketiga aspek tersebut salah satu strateginya adalah dengan menyiapkan dokumen perencanaan yang baik tambah Hidayat. selanjutnya Hidayat menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenal dan mengingat kembali bahwa tahun ini pemerintah Kota harus menyusun RPJMD.
Narasumber yang diundang untuk menjadi bagian dalam acara ini berasal dari Fakultas Ekonomi UNAND yang bersumlah sebanyak 5 orang yang sekaligus menjadi tim ahli dalam penyusunan Rancangan Awal RPJMD. Mereka adalah Suhairi, Masrizal, Sri Maryati, Zulkifli, dan Linda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *