WALIKOTA PARIAMAN TANDATANGANI MoU DENGAN BUPATI PADANG PARIAMAN

whatsapp-image-2018-03-22-at-10-57-24

Dalam rangka mewujudkan sinkronisasi pembangunan Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman serta meningkatkan kualitas layanan pemerintahan, pembangunan, perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kota Pariaman menjalin Kerjasama Lintas daerah dengan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Sebagai kota yang sedang menyusun Revisi Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah (RTRW) kerjasama ini juga merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2016 Tentang Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Tata Ruang Daerah, yang salah satu syaratnya adalah agar Kabupaten/kota memiliki kesepakatan kerjasama  dengan pemerintah daerah kabupaten/kota yang berbatasan langsung.

Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Walikota Pariaman, H. Mukhlis R bersama dengan Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur yang tertuang dalam Berita Acara Kesepakatan Bersama Pemerintah Kota Pariaman dengan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Tentang Penataan Ruang Dan Pembangunan Infrastruktur Skala Regional Serta Pembangunan Di Wilayah Perbatasan di Aula Kantor Walikota Pariaman pada hari Kamis (15/2).

Kerjasama ini menitikberatkan pada Pembangunan dan Pengembangan Infrastruktur Skala Regional dan Pembangunan di Wilayah Perbatasan, dengan sembilan poin kesepakatan yaitu Penegasan Batas Administrasi di Wilayah Berbatasan, Pembangunan dan Pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Regional, Pembangunan dan Pengelolaan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Regional, Penyediaan Sumber Air Baku/Minum dan Pengelolaan Instalasi Air Minum Regional, Pembangunan Infrastruktur di wilayah DAS Berbatasan, Pengelolaan sumberdaya di wilayah DAS Berbatasan, Pengelolaan Moda Transportasi Darat dan Laut di wilayah Berbatasan, Pembangunan, Pengembangan dan Pengelolaan Sektor Pariwisata, serta Pembangunan di Bidang Ekonomi dan Penanganan Inflasi Daerah.

Dalam sambutannya Walikota Pariaman Mukhlis R mengucapkan terimakasih kepada Bupati Padang Pariaman serta jajaran Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman karena telah membuka ruang untuk menjalin kerjasama dengan Pemko Pariaman.

Walikota Pariaman menyampaikan bahwa kerjasama ini tidak terlepas dari historis dan letak geografis Kota Pariaman yang dikelilingi oleh Kabupaten Padang Pariaman, maka dalam rangka menjalankan amanah Permendagri Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2016, dirasa perlu diwujudkan dalam bentuk kerjasama antar wilayah yang pada akhirnya diharapkan dapat lebih meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

“Tentunya kerjasama ini sangat dibutuhkan untuk menyelaraskan hubungan kerjasama kedua daerah yang akan berdampak baik bagi kemajuan pembangunan kedua daerah.” ujar Walikota Mukhlis R.

Mukhlis juga menyebutkan bahwa pihaknya akan terus mendukung program pembangunan yang berjalan di Kabupaten Padang Pariaman yang saat ini terus bergerak maju menyesuaikan dengan perkembangan global yang akan terus berlanjut. Kedepannya kerjsama antar daerah ini tidak hanya terfokus pada sembilan kesepakatan saja, tetapi akan terus dikembangkan sehingga akan terwujud sinergitas pembangunan demi kesejahteraan masyarakat di kedua wilayah.

Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur sangat menyambut baik kerjasama antara kedua daerah yang saling bertetangga ini dan berharap bahwa kerjasama yang dibangun ini dapat saling bersinergi dan mendukung demi tercapainya tujuan, visi dan misi kedua daerah.

“Kita sependapat dengan Walikota Pariaman, bahwa sejarahlah yang membawa hubungan antara Kota Pariaman dengan Kabupaten Padang Pariaman harus lebih erat lagi, dan dengan kerjasama ini menghasilkan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan dan membawa manfaat bagi kedua daerah.” ungkap Suhatri Bur. (dian_hayati)

You may also like...

3 Responses

  1. Leni Rahman says:

    Keep going…

  2. Nindya says:

    Maju terus Kota Pariaman…

  3. fauzan n says:

    nice info ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *