RAPAT KOORDINASI FORUM DATA SKPD/OPD KOTA PARIAMAN TRIWULAN I TAHUN 2017

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan Forum Data SKPD/OPD, Bappeda Kota Pariaman mengadakan Rapat Forum Data triwulan I (satu) Tahun Anggaran 2017 dengan beberapa OPD terkait termasuk BPS Kota Pariaman pada hari Kamis Tanggal 20 April 2017 di ruang Rapat Bappeda Kota Pariaman.

Arahan dari Kepala Bappeda Kota Pariaman

Arahan dari Kepala Bappeda Kota Pariaman

Rapat dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Pariaman, Fadli, S.H.,M.Hum.,  kemudian dilanjutkan dengan arahan terkait dengan Integrasi Sistim Informasi Pembangunan Daerah dalam sistem  Database Perencanaan Pembangunan Daerah. Disampaikan oleh Kepala Bappeda dalam mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas dan pengendalian pembangunan yang efektif perlu satu basis data yang berkualitas, terpusat, terintegrasi (sistim satu data pembangunan), yang memerlukan kepastian hukum, keterpaduan satu basis data yang berkualitas, forum data sebagai wadah komunikasi untuk seluruh stakeholders terkait guna menyatukan persepsi, baik mengenai konsep, defenisi, maupun metodologi, rekonsiliasi data.

20170420_095025-1

Selanjutnya disampaikan review ketersediaan Database Perencanaan Pembangunan Daerah oleh Kepala Bidang Penelitian Pengembangan dan Evaluasi Pelaporan Ratna Juita, S.H., dalam rapat tersebut diharapkan persamaan persepsi tentang Forum Data OPD Kota Pariaman. Forum Data OPD  Kota Pariaman merupakan forum komunikasi yang membahas berbagai data dan informasi pembangunan dan media tukar menukar imformasi dari berbagai pihak yang diharapkan dapat mencari solusi yang optimal dalam memenuhi kebutuhan data yang akurat, tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan untuk dimanfaatkan sebagai bahan perencanaan pembangunan daerah yang terukur dan komprehensif. Berdasarkan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah bahwa perencanaan pembangunan daerah mengunakan pendekatan teknoratis, partisifatif, politis, top down dan bottom up.

20170420_100034

Rapat Koordinasi Forum Data OPD dilaksanakan secara triwulanan sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan dan diharapkan anggota tim teknis forum data OPD untuk dapat melakukan pemetaan data kembali terhadap format data yang diberikan sehingga bisa dibuatkan rencana tindak lanjut untuk menjamin ketersediaan data. (Ratna Juita/Bidang Litbang & Evlap)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *