PENILAIAN TAHAP II ANUGERAH PRANGRIPTA NUSANTARA DI KOTA PARIAMAN TAHUN 2017

Penilaian Anungrah Pangripta Nusantara Tahap II di Kota Pariaman (Foto: Edi Junaidi/Kominfo)

Penilaian Anungrah Pangripta Nusantara Tahap II di Kota Pariaman. 

Tim Penilaian Anugerah Pangripta Nusantara (Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tingkat Propinsi Sumatera Barat melakukan penilaian ke Kota Pariaman. Penilaian kali ini merupakan tahap II, pasalnya pada penilaian Tahap I, Kota Pariaman berhasil masuk nominasi. 

 
Sambutan Walikota Pariaman, Mukhlis R.

Sambutan Walikota Pariaman, Mukhlis R.

Ketua Tim Penilai Tahap II Propinsi Sumatera Barat ini diketuai oleh Tim Ahli Bapak Hefdi (Bappeda Propinsi Sumatera Barat), dengan beranggotakan akademisi Bapak Werry Darta T. (Mantan Rektor Universitas Andalas Padang), Bapak Mudjiran (UNP) dan Ibu Melinda Noer (Unand), yang mana ketiganya adalah para Profesor yang ahli dibidangnya. Para Tim Penilai telah mendengar kata sambutan dari Walikota Pariaman, Drs. H. Mukhlis, R., MM., dan ekspose Kepala Bappeda Kota Pariaman, Fadli, S.H.,M.Hum. dengan peserta perwakilan dari berbagai unsur stakeholder di Ruang Rapat Walikota Pariaman, Selasa 7 Maret 2017.

Ekspose Kepala Bappeda, Fadli, S.H., M.Hum.

Ekspose Kepala Bappeda, Fadli, S.H., M.Hum.

Tim Penilai Propinsi Sumatera Barat

Tim Penilai Propinsi Sumatera Barat

Anugerah Pangripta Nusantara merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota dalam membuat perencanaan pembangunan di daerahnya. Dari hasil perencanaan yang dibuat oleh instansi terkait di masing-masing Kabupaten dan Kota, tim Penilai telah bisa melihat, mengamati dan memahami kemana arah perencanaan yang disusunnya itu, apakah keberpihakan kepada masyarakat secara luas terakomodir atau tidak.

Walikota Pariaman Mukhlis R, mengatakan dengan berhasilnya Kota Pariaman memasuki penilaian Tahap II ini merupakan suatu keberhasilan yang luar biasa. Dalam Penilaian tahap II ini, juga di harapkan hasil yang di peroleh melebihi dari hasil penilaian tahun sebelumnya, sebab Kota Pariaman sangat berupaya agar Anugerah Pangripta Nusantara bisa di raih Kota Pariaman tahun ini. Dengan adanya keinginan Pemko Pariaman dan di dukung oleh OPD terkait, hendaknya tahap demi tahap penilaian yang di lakukan hendaknya juga memberikan hasil penilaian yang lebih baik. Untuk itu, seluruh OPD terkait agar bekerja semaksimal mungkin dalam menyempurnakan kekurangan ataupun ketertinggalan yang ada di dalam penilaian ini. Lakukanlah koordinasi yang intens dengan OPD terkait demi penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara tahun 2017. 

Peserta Penilaian Anungrah Pangripta Nusantara

Peserta Penilaian Anungrah Pangripta Nusantara

Disebutkan Walikota, bahwa tahun 2016 Kota Pariaman berhasil meraih juara harapan I. Di tahun 2017 ini ditargetkan meraih Juara I. Target untuk mendapatkan Juara I tersebut diyakini bisa terealisasi, sebab hasil tahun 2016 bisa dijadikan pedoman. Kekurangan yang ada di tahun 2016 lalu di usahakan disempurnakan di tahun  2017 ini, bahkan dilebihkan penyempurnaannya.

Ketua Tim Penilaian Anugerah Pangripta Nusantara Propinsi Sumatera Barat Hefdi, S.H.,M.Si mengatakan, adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mendorong setiap daerah untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan yang lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan, serta sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah untuk mewujudkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu. Sasarannya adalah tersusunnya metode dan kriteria penilaian dokumen rencana pembangunan,  terlaksananya penilaian dokumen rencana pembangunan dan terpilihnya Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan dokumen rencana pembangunan yang terbaik sesuai kriteria yang telah ditetapkan.

Peserta Penilaian Anungrah Pangripta Nusantara

Peserta Penilaian Anungrah Pangripta Nusantara

Adapun undangan yang hadir pada penilaian tersebut adalah Anggota DPRD yang diwakili oleh bapak Mulyadi Partai Persatuan Pembangunan, beberapa Kepala SOPD, Camat se-Kota Pariaman, LKAAM, Kepala Desa dan Lurah, DPD LPM serta unsur media. (Bidang litbang dan evlap, Foto: Edi J./Kominfo)

 

 

You may also like...

1 Response

  1. lia says:

    Semoga Kota Pariaman bisa maju ke penilaian Tahap III…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *