Pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2018

img-20170914-wa0015

Pemerintah Kota Pariaman dalam hal ini dibawah koordinasi Bappeda melaksanakan pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (Perencanaan Tahunan) untuk Tahun Anggaran 2018, sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman pembangunan desa, bahwasannya RKP Desa mulai disusun oleh pemerintah desa pada bulan juli tahun berjalan yang meliputi :

  1. Bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desaimg-20170914-wa0015
  2. Pelaksanaan pembangunan Desa
  3. Pembinaan kemasyarakatan Desa dan
  4. Pemberdayaan masyarakat Desa.

Bappeda Kota Pariaman telah mengirimkan surat untuk percepatan penyusunan RKP Desa pada awal juli lalu, agar desa secepatnya membentuk tim penyusun RKP dan melaksanakan proses penyusunan RKP untuk tahun 2018.

Sedangkan Tim yang telah dibentuk melalui Surat Keputusan Walikota Pariaman ini menugaskan kepada Tim untuk mendampingi dan melakukan pembahasan Draft RKP Desa yang telah disusun oleh Pemerintah Desa dengan jadwal selama empat hari yang dimulai pada tanggal 15 s.d. 20 september 2017. Masing-masing tim ditugaskan untuk membahas 4 desa per hari.

Sedangkan untuk Prioritas Penggunaan Dana Desa digunakan untuk Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat sesuai dengan Tipologi Desa berdasarkan tingkat perkembangan kemajuan Desa meliputi: 

1) Desa sangat tertinggal;

2) Desa tertinggal;

3) Desa berkembang; 

4) Desa maju; dan 

5) Desa mandiri.  

Pembahasan yang dilakukan ini mengacu pada Sistematika RKP serta lampiran-lampiran yang harus disertakan dalam dokumen RKP Desa tersebut yang termuat dalam Permendagri 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa sedangkan untuk prioritas  mengacu pada Permendes nomor 22 Tahun 2016 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2017.

tipologi Desa berdasarkan tingkat perkembangan kemajuan Desa meliputi: 1) Desa sangat tertinggal; 2) Desa tertinggal; 3) Desa berkembang; 4) Desa maju; dan 5) Desa mandiri.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *