Normalisasi Batang Mangau menjadi Usulan Prioritas Desa Sikabu Tahun 2018

img_20170125_100621

Desa Sikabu merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Pariaman Selatan dengan mata pencaharian penduduknya sebagian besar sebagai petani. Walaupun memiliki potensi alam yang minim, namun masyarakat Desa Sikabu bertekad untuk memajukan desanya melalui pengembangan dan pembangunan sarana dan prasarana penunjang perekonomian masyarakat.

Hal ini seirama dengan sambutan dan arahannya Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kota Pariaman, Chithra Aditur Bahari  yang hadir beserta tim pada pelaksanaan musrenbang di desa Sikabu hari Rabu tanggal 25 Januari 2017, bertempat di Mesjid Surau Gonjong yang juga didampingi dari pihak Kecamatan diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Pariaman Selatan,  Khairat, menyampaikan  bahwa hendaknya

Musrenbang Desa Sikabu Kecamatan Pariaman Selatan

Narasumber Musrenbang Desa Sikabu Kecamatan Pariaman Selatan

program kegiatan yang diusulkan nantinya dalam diskusi musrenbang bukan hanya bidang fisik saja tetapi harus memperhatikan kegiatan peningkatan taraf ekonomi dan pengembangan sosial budaya. Usulan nantinya harus memperhatikan dan mempertimbangkan serta mengkaji potensi dan permasalahan yang mendesak yang ada didesa Sikabu.

Dalam diskusi musrenbang desa Sikabu berkembang beberapa usulan  prioritas seperti kegiatan Normalisasi Batang Mangau yang sudah mendesak pelaksanaannya, terutama untuk pengamanan tebing sungai Batang Mangau yang sering runtuh ketika musim hujan dan sudah mengancam beberapa permukiman penduduk. Selain itu  juga diusulkan untuk pengadaan lampu jalan  serta pengadaan fasilitas posyandu dan fasilitas umum lainnya.

Sedangkan dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakatnya seperti yang diarahkan oleh Tim Pendamping Musrenbang dari Kota dan Kecamatan serta Kepala Desa Sikabu, masyarakat menyampaikan usulannya untuk melakukan kegiatan pelatihan keterampilan usaha masyarakat seperti misalnya menjahit, budidaya dan pengembangan sosial budaya. Berbekal dengan adat istiadat Minangkabau yang masih kental di desa ini, masyarakat berharap untuk dapat lebih dapat mengembangkannya menjadi lebih terarah dan teroganisir. Program ini digulir  dalam rangka mendorong dan memotivasi masyarakat untuk mempelajari seni budaya lokal maupun luar daerah. Melalui program ini diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal, mencintai, sekaligus melestarikan nilai-nilai seni budaya lokal yang dimiliki di desa ini, sekaligus untuk mengimbangi perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini. Kegiatan ini tentunya diharapkan akan membawa manfaat yang positif dan peningkatan perekonomian bagi masyarakat Desa Sikabu

Musrenbang Desa Sikabu Kecamatan Pariaman selatan

Musrenbang Desa Sikabu Kecamatan Pariaman selatan

Peserta Musrenbang Desa Sikabu yang dimulai pada pukul 10.00 WIB itu, Rabu siang  semakin antusias menyampaikan usulan dan buah pikirannya karena kegiatan ini juga dihadiri dan diliput oleh kru dari Padang TV. Harapannya semoga hasil rumusan musrenbang Desa Sikabu tahun ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan dapat diwujudkan.

 

You may also like...

1 Response

  1. Leni Rahman says:

    Semangat dan maju terus Desa Sikabu…..
    Tim Bappeda mantaaappp….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *