Musrenbang Tingkat Desa/Kelurahan di Desa Talago Sariak

16114284_360649887651527_9132635839256264420_n

img-20170119-wa0023Pada hari ke 4 pelaksanaan Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan se-Kota Pariaman tepatnya Kamis, 19 Januari 2016, Tim Bappeda Kota Pariaman yang dipimpin langsung oleh Fadli, SH, M.Hum selaku Kepala Bappeda beserta Lia Lestari, ST (Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Wilayah) dan Bisri Amra, SE (Kasubid Evaluasi dan Pelaporan) melakukan pendampingan Pelaksanaan Musrenbang ke Desa Talago Sariak Kecamatan Pariaman Timur yang dimulai pukul 15.00 WIB. Musrenbang ini juga dihadiri oleh pihak Kecamatan Pariaman Timur yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan, Dinas Pertanian, Tim Pendamping Desa, BPD Talago Sariak, LPM beserta Perangkat, Karang Taruna beserta perangkat, PKK, dan Perangkat Desa (Sekdes, Kaur) serta niniak mamak yang juga sebagai ketua KAN IV Angkek Padusunan Amir Hosen Dt. BANDARO PUTIAH.

20170119_152556Dalam pertemuan tersebut Kepala Bappeda menyampaikan beberapa penegasan tentang unsulan yang akan diajukan pada musrenbang tingkat kecamatan dan Kota Pariaman :

  1. Agar usulan yang disampaikan merupakan skala prioritas yang ada ditingkat Desa
  2. Agar disinkronkan dengan kegiatan yang menjadi penunjang Visi Misi Kota Pariman tahun 2013-2018,
  3. Untuk kegiatan fisik diharuskan lahannya bebas dengan adanya pernyataan bebas lahan dari yang bersangkutan.
  4. Untuk kegiatan yang sifatnya berupa event atau lomba agar dikoordinasikan tingkat Kecamatan dan Kota untuk menimalisir waktu dan jenis kegiatan yang sama yang akan dilaksanakan
  5. Untuk ASN yang berada di Desa Talago Sariak agar ikut berkontribusi untuk menyukseskan kegiatan di Desa.
20170119_152620

Penjelasan Kepala Desa

 

Dalam pertemuan tersebut juga ditampilkan pemanfaatan teknologi dalam perencanaan seperti penggunaan aplikasi GIS dalam pembuatan Peta Desa sehingga apa yang akan direncanakan akan tepat sasaran dan berdaya guna. Kegiatan Peta Desa ini telah dilaksanakan pada tahun 2016 yang bersumberkan pada data APBDes Talago Sariak Tahun 2016.

Berdasarkan hasil musrenbang tersebut ditampung 16 usulan bidang fisik, 3 usulan ekonomi dan 2 usulan pada bidang sosial budaya. Adapun pada bidang fisik diusulkan kegiatan seperti peningkatan jalan, pembangunan drainase, saluran irigasi, sarana air bersih, lampu hightmast dan Pembukaan jalan. Untuk bidang ekonomi diusulkan kegiatan bantuan bibit durian, bantuan pupuk dan pelatihan ketrampilan. Pada usulan bidang sosial budaya diusulkan kegiatan pelatihan shalat jenazah dan pengadaan tanah untuk pemakaman umum.

You may also like...

5 Responses

  1. Lia Lestari says:

    Maju terus desa talago sariak..semakin valid dan akurat dalam menyusun perencanaannya karena sudah berbasis geospasial. Semoga bisa jadi percontohan bagi desa lainnya…

    • Fandy Triawan says:

      Terima kasih Ibu Lia Lestari, semoga dengan adanya Musrenbang Desa ini dapat terwujud perencanaan pembangunan daerah yang bersifat bottom up di Kota Pariaman.

  2. Faisal says:

    Mantap…..
    Maju terus Desa Talago Sariak

  3. rahmad nadirsyah says:

    Keren Abiss..Aplaus Buat Desa Talago Sariak

  4. Desa Talago Sariak says:

    Mantaps..Maju Terus Desa Qu..
    Siap menjadi lebih baik kedepannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *