Kunjungan Tim Peneliti Unand

20170112_105427

Alih fungsi lahan pertanian terutama lahan pertanian produktif yang kurang terkendali saat ini menjadi permasalahan yang cukip krusial bagi Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Hal ini yang menjadi salah satu topik penelitian yang dilakukan oleh Universitas Andalas, Padang.

Terkait dengan itu, beberapa anggota Tim Peneliti yang terdiri dari berbagai bidang keilmuan melakukan kunjungan ke Bappeda Kota Pariaman pada hari Kamis, 12 Januari 2017, dalam rangka melakukan koordinasi dan diskusi terkait Kebijakan dan Strategi Pemerintah Kota Pariaman dalam upaya pengendalian alih fungsi lahan pertanian dalam rangka optimalisasi Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan. 

Menanggapi pertanyaan Prof. Melinda selaku ketua rombongan terkait upaya Pemerintah Kota Pariaman, Kepala Bappeda (Fadli, SH, M.Hum) menyampaikan bahwa sesuai dengan Perda RTRW Kota Pariaman 2010-2030, saat ini Pemko Pariaman tetap berupaya melakukan pengendalian terkait alih fungsi lahan, khususnya dalam  pemberian rekomendasi izin prinsip pemanfaatan lahan untuk pengembangan perumahan umum yang dibangun melalui pengembang. Untuk pemberian rekomendasi ini diperoleh melalui pembahasan Sidang Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Kota Pariaman.(lst)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *