FORUM OPD : KOMPILASI DAN IDENTIFIKASI KEGIATAN PRIORITAS PEMBANGUNAN

Pariaman, Bappeda– Setelah pelaksanaan rembuk dusun/RT, dilanjutkan dengan Musrenbang Desa/ Kelurahan, Konsultasi Publik Ranwal ( Rancangan Awal) RKPD, Musrenbang kecamatan, maka kegiatan berikutnya dilakukan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kegiatan ini di laksanakan di Aula Balaikota Pariaman, selama 2 hari mulai tanggal 15-16/3/2018, dihadiri sebanyak ± 200 undangan, mulai dari Kepala OPD, Kepala Bagian (Kabag), Staf Ahli, Asisten, Camat.

img_2804Acara forum OPD ini dibuka langsung oleh Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman. Dalam pidato sambutannya dijelaskan bahwa “Forum OPD adalah lanjutan dari rangkaian kegiatan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan Kota Pariaman untuk Tahun Anggaran 2019.” Pelaksanaan forum OPD ini diharapkan munculnya pemerataan program pembangunan yang dapat memicu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan melalui kegiatan ini hendaknya memiliki arti yang sangat penting dan strategis, dimana pada tahap ini dirumuskan beberapa kebijakan-kebijakan dan program strategis yang sinkron dan kolaboratif antar OPD yang akan dimantapkan dalam Renja (Rencana Kerja) masing-masing OPD tahun 2019 ujar Mukhlis.

foto2Fadli, SH, M. Hum selaku Kepala Bappeda Kota Pariaman dalam Penyampaian Laporan Panitia Pelaksana, bahwa mekanisme pelaksanaan forum OPD ini terdiri dari 3 tahap yaitu persiapan, penyelenggaraan, pelaksanaan. Pada tahap Penyelenggaraan Bappeda mengkompilasi kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan di Kota Pariaman, kemudian mengidentifikasi program dan kegiatan tersebut kemudian didiskusikan dalam bentuk siding kelompok, dan diakhiri dengan pemaparan hasil sidang kelompok oleh ketua kelompok/ kepala Bidang.

Pada Pembahasan sidang kelompok perwakilan masing-masing dari kecamatan dilingkungan Kota Pariaman membahas tentang perencanaan sarana prasarana, ekonomi, dan sosial budaya, sehingga kegiatan yang diusulkan dalam musrenbang kecamatan, selanjutnya akan ditampung oleh OPD terkait.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *