Forum Kota Sehat Kota Pariaman Mulai Menggeliat

img-20180306-wa0009

Pariaman, Bappeda Kota Pariaman โ€“ Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Demikian ungkapan Walikota Pariaman yang diwakili oleh Asisten Pereknomian Bapak Ir. Yanri Leza,MM. ย selasa (6/3/2018), diruangan Rapat Walikota Pariaman ketika membuka acara rapat perdana Forum Kota Sehat Kota Pariaman bersama dengan Tim Pembina.

Lebih lanjut Yanri Leza menjelaskan Kota Pariaman harus bisa mencapai tujuan kota sehat yang telah ditetapkan melalu peraturan bersama Menteri Dalam Negeri (Permendagri) dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 (34/2005) Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005 Tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat serta bisa ikut dalam penilaian yang dilaksanakan sekali dalam 2 tahun oleh Kementerian Kesehatan.

Tim Pembina yang di ketuai Bappeda Kota Pariaman diwakili oleh Yuzirwan Yakub,S.Si. M.Si., menjelaskan Kota Pariaman tidak bisa ikut pada tahun 2017 yang lalu disebabkan kelengkapan data pendukung (Administrasi, dokumen pendukung) dan yang lebih diutamakan keaktifan forum kota sehat yang telah lama fakum dalam kegiatan sejak tahun 2013 -2017. Lebih lanjut disampaikan bahwa OPD akan menggawangi semua tatanan yang ada sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing

Sementara itu Dinas Kesehatan selaku sekretaris tim pembina diwakili oleh Sekretaris Delri Soni, SKM.MKM. menjelaskan Tim Forum Kota Sehat telah dibentuk pada akhir desember 2017 yang ditetapkan melalui Keputusan Walikota Pariaman menjelaskan rapat kali ini dimaksudkan untuk pengenalan dari Tim Forum Kota Sehat Kota Pariaman dan menyusun agenda kegiatan 2018.

Sementara itu H.Deddy Kurniadi,S.Fil.I selaku ketua menegaskan tugas forum ini sangat berat, namun ini merupakan amanah pemerintah kota kepada beliau dan seluruh anggota diminta bekerja sama untuk menggerakan masyarakat dalam pembangunan biberbagai bidang tatanan kota sehat, forum ini dibagi atas empat bidang yakni Bidang Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi, Pembinaan dan Pengembangan, Pemberdayaan dan Penyuluhan serta bidang Sosial Kemasyarakatan dengan jumlah anggota 34 orang, dengan masa kerja 2017-2020

Tugas yang mendesak untuk disegerakan adalah mencari tempat Sekretariat Forum Kota Sehat sebagai wadah untuk melaksanakan kegiatan bagi anggota Forum Kota Sehat Kota Pariaman (Januar_Ajo).

You may also like...

3 Responses

    • Rifda Marma says:

      Menjadikan Pariaman sebagai Kota sehat merupakan amanah yang harus di kerjakan bersama…..
      Together we can, together we are more, together we are one.

  1. dian hayati says:

    nice info, makasih.. ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *