Bidang Penelitian, Pengembangan dan Evaluasi Pelaporan

  • Kepala Bidang Data dan Pengembangan mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan sebagian tugas Bappeda di Bidang Data dan Pengembangan.

  • Uraian Tugas kepala Bidang Data dan Pengembangan sebagaimana dimaksud pada poin (1) adalah:

    1. Menyusun rencana kerja kegiatan bidang Data dan pengembangan baik rutin maupun pembangunan sebagai sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan pembinaan dan penataan perencanaan pembangunan Daerah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

    2. Membagi tugas kepada Kasubid di lingkungan Bidang data dan Pengembangan sesuai dengan Bidang tugasnya melalui disposisi atau secara lisan.

    3. Memberi petunjuk kepada kasubid dan bawahan di Lingkungan Bidang Data dan Pengembangan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

    4. Mengkoordinasikan para kasubid di Lingkungan Bidang Data dan Pengembangan melalui rapat atau langsung agar terjalin kerjasama yang saling mendukung dalam pelaksanaan tugas.

    5. Memeriksa hasil kerja dan menilai prestasi kerja kasubid di Lingkungan Bidang Data dan Pengembangan agar sesuai dengan rencana dan sebagai bahan pembinaan dan peningkatan karir.

    6. Mengadakan kerjasama dengan unit kerja pelaksana dan pendukung pengumpulan, pengolahan, analisis data dan penelitian dalam rangka pengembangan program peningkatan bidang Data dan pengembangan.

    7. Memantau pelaksanaan kegiatan Bidang Data dan Pengembangan agar berjalan sesuai rencana.

    8. Memberi konsultasi kepada unit kerja terkait agar terdapat pemahaman yang sepadan dalam melaksanakan kegiatan Bidang Data dan Pengembangan.

    9. Memberi saran kepada atasan mengenai permasalahan di Bidang Data dan pengembangan sebagai bahan informasi dalam pengambilan keputusan.

    10. Menyusun dan membuat laporan kegiatan bidang Data dan Pengembangan baik rutin maupun pembangunan sesuai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.

    11. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis

  • Bidang data dan Pengembangan terdiri atas:

    1. Sub Bidang Pengelolaan Data dan Informasi

      • Sub Bidang pengelolaan data dan Informasi mempunyai tugas menyelenggarakan program pendataan dan pengelolaan informasi dalam arti mengumpulkan, mengelola, mempersiapkan dan menganalisa data dasar untuk perencanaan pembangunan, penyelenggaraan kerjasama antar lembaga untuk mengembangkan statistik skala kota, pengembangan jejarin statistik khusus skala kota, pemberian dukungan penyelenggaraan statistik dasar, survei antar sensus skala kota, survei skala nasional, survei sosial dan ekonomi dan mengolah bahan untuk penyusunan laporan hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan.

      • Uraian tugas Pengelolaan data dan Informasi sebagaimana dimaksud pada poin (1) adalah:

        1. Menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman dan petunjuk teknis data dan informasi serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Pengelolaan data dan informasi sebagai pedoman dan landasan kerja.

        2. Menginventarisir permasalahan yang berhubungan dengan pengelolaan data dan informasi serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah.

        3. Menyusun rencana, program kerja dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi sub Bidang pengelolaan data dan informasi berpedoman kepada rencana strategis Bappeda.

        4. Menghimpun dan mengolah data, statistik dan informasi pembangunan daerah.

        5. Melakukan konsultasi dan koordinasi dengan dinas/instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya.

        6. Mengumpulkan, menganalisa data dan menyusun laporan pelaksanaan pembangunan.

        7. Penyelenggaraan kerjasama antar lembaga untuk mengembangkan statistik skala kota.

        8. Melakukan pengembangan jejaring statistik khusus skala kota.

        9. Memberikan dukungan penyelenggaraan statistik dasar, survei antar sensus skala kota, survei skala nasional, survei sosial dan ekonomi.

        10. Menyiapkan bahan-bahan untuk mendokumentasikan hasil pembangunan.

        11. Melakukan pembinaan pengelolaan sistem informasi pembangunan.

        12. Membuat laporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan

        13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

    2. Sub Bidang Pengembangan dan Standar Perencanaan

      • Sub bidang Pengembangan dan Standar Perencanaan mempunyai tugasmenyelenggarakan program penelitian dan pengembangan serta merumuskan standar perencanaan pembangunan dalam arti mempersiapkan dan mengolah bahan penyusunan penelitian dan pengembangan pembangunan.

      • Uraian tugas sub bidang Pengembangan dan Standar Perencanaansebagaimana dimaksud pada poin (1) adalah:

      • Menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman, petunjuk teknis data dan informasi serta bahan –bahan lainnya yang berhubungan dengan pengembangan dan standar perencanaan sebagai pedoman dan landasan kerja.

      • Menginventaris permasalahan pengembangan dan standar perencanaan yang terjadi di daerah serta menyiapkan bahan petenjuk pemecahan masalah.

      • Menyusun rencana, program kerjadan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi Sub Bidang Pengembangan dan standar perencanaan berpedoman kepada rencana strategis kota.

      • Menyiapkan dan mengolah bahan penyusunan rencana dan program penelitian dan pengembangan pembangunan bidang fisik dan prasarana, ekonomi dan sosial budaya.

      • Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan penelitian yang terkait dengan identifikasi permasalahan dan tindak lanjut sebagai solusi pemecahan guna menunjang penyusunan kebijaksanaan pembnagunan bidang fisik dan prasarana, ekonomi dan sosial budaya.

      • Mengiventarisasi bahan-bahan penelitian yang sudah dan akan dilakukan dibidang fisik dan prasarana, ekonomi dan sosial budaya.

      • Melakukan pelaksanaan penelitian kebijakan dan kondisi sosial serta penerapan teknologi.

      • Melakukan koordinasi kegiatan penelitian di bidang fisik dan prasarana, ekonomi dan sosial budaya dengan berbagai unsur/dinas/instansi terkait.

      • Melakukan publikasi hasil penelitian di bidang fisik dan prasarana, ekonomi dan sosial budaya.

      • Membuat laporan kegiatan sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas; dan

      • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.