Bidang Ekonomi

  • Kepala Bidang Ekonomi mempunyai tugas memimpin, mengkordinasikan dan memfasilitasi tugas-tugas perencanaan pembangunan daerah di bidang ekonomi;

  • Uraian tugas Kepala Bidang Ekonomi sebagaimana dimaksud pada poin (1) adalah:

    1. Mengkordinasikan penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA) lingkup bidang ekonomi;

    2. Membagi tugas kepada Kasubid di lingkungan Bidang tugasnya melalui disposisi secara lisan.

    3. Memberi petunjuk kepada Kasubid dan bawahan di lingkungan Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam sesuai dengan permasalahan yang dihadapi agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

    4. Mengkoordinasi para Kasubid di lingkungan Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam melalui rapat atau langsung agar terjalin kerjasama yang saling mendukung dalam pelaksanaan tugas.

    5. Memeriksa hasil kerja dan menilai prestasi kerja Kasubid di lingkungan Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam agar sesuai dengan rencana dan sebagai bahan pembinaan dan peningkatan karir.

    6. Mengadakan kerjasama dengan unit kerja pelaksana dan pendukung pengumpulan, pengolahan, analisis data dan penelitian dalam rangka pengembangan program Anggaran.

    7. Memberi konsultasi kepada unit kerja terkait agar terdapat pemahaman yang sepadan dalam melaksanakan kegiatan Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam.

    8. Memberi saran kepada atasan mengenai permasalahan di Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam sebagai bahan informasi dalam pengambilan keputusan.

    9. Menyusun dan membuat laporan kegiatan Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam baik rutin maupun pembangunan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.

    10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis.

  • Bidang Ekonomi terdiri atas:

    1. Sub Bidang Ekonomi dan Penanaman Modal

      • Sub Bidang Ekonomi dan Penanaman Modal mempunyai tugas menyelenggarakan program pengkoordinasian, perencanaan, pengumpulan, pengolahan data, monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan pembangunan dalam arti mempersiapkan dan mengolah bahan penyusunan rencana program pembangunan di bidang Ekonomi dan Penanaman Modal serta mengkoordinasikan penyelenggaraan penanaman modal.

      • Uraian Tugas Sub Bidang Ekonomi dan Penanaman Modal sebagaimana dimaksud pada poin (1) adalah

        1. Menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman, petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Ekonomidan Penanaman Modal Sebagai pedoman dan landasan kerja;

        2. Menginventarisir permasalahan yang berhubungan dengan Ekonomi dan Penanaman Modal serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;

        3. Menyusun rencana, program kerja dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi Sub Bidang Ekonomi dan Penanaman Modal berpedoman kepada rencana strategis Bappeda;

        4. Menyiapkan dan mengolah bahan penyusunan rencana program pembangunan pembangunan Ekonomi dan Penanaman Modal;

        5. Mengsingkronkan usulan perencanaan program sektor Ekonomi dan Penanaman Modal sesuai dengan visi, misi dan dokumen perencanaan lainnya yang merupakan arah pembangunan Kota;

        6. Mengkoordinasikan, menyelaraskan dan memadukan kegiatan perencanaan pembangunan yang disusun oleh Dinas/ Instansi terkait di bidang Ekonomi dan Penanaman Modal;

        7. Menyiapkan perencanaan umum program Ekonomidan Penanaman Modal sesuai dengan inventarisasi masalah dan hasil penelitian yang dilakukan;

        8. Melakukan koordinasi dengan Dinas/ Instansi terkait dalam rangka evaluasi pelaksanaan program pembangunan sektor Ekonomi dan Penanaman Modal;

        9. Melakukan monitoring pelaksanaan program pembangunansektor ekonomi dan Penanaman Modal dan pembahasan hasilnya;

        10. Mengikuti perkembangan pelaksanakan pembangunan sektor Ekonomi dan Penanaman Modal;

        11. Melakukan pembahasan kerja sama antar daerah tentang Ekonomi dan Penanaman Modal;

        12. Membuat laporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan

        13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

    2. Sub Bidang Sumber Daya Alam Dan Pertanian

      • Sub Bidang Sumber Daya Alam dan Pertanian mempunyai tugas menyelenggarakan program pengkoordinasian, perencanaan, pengumpulan, pengolahan data, monitoring dan evaluasi serta pelaporan kegiatan pembangunan dalam arti mempersiapkan dan mengolah bahan penyusunan rencana program pembangunan di Bidang Sumber Daya Alam dan Pertanian.

      • Uraian tugas Sub Bidang Sumber Daya Alam dan Pertanian sebagaimana dimaksud pada poin (1) adalah

        1. Menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman, petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Sumber Daya Alam dan Pertanian sebagai pedoman dan landasan kerja;

        2. Menginventarisir permasalahan yang berhubungan dengan Sumber Daya Alam dan Pertanian serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;

        3. Menyusun rencana, program kerja dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi Sub Sumber Daya Alam dan Pertanian berpedoman kepada rencana strategis Bappeda;

        4. Menyiapkan dan mengolah bahan penyusunan rencana program pembangunan pembangunan Sumber Daya Alam dan Pertanian;

        5. Mengsingkronkan usulan perencanaan program sektor Sumber Daya Alam dan Pertanian sesuai dengan visi, misi dan dokumen perencanaan lainnya yang merupakan arah pembangunan Kota;

        6. Mengkoordinasikan, menyelaraskan dan memadukan kegiatan perencanaan pembangunan yang disusun oleh Dinas/ Instansi terkait di bidang Sumber Daya Alam dan Pertanian;

        7. Menyiapkan perencanaan umum program Sumber Daya Alam dan Pertanian sesuai dengan inventarisasi masalah dan hasil penelitian yang dilakukan;

        8. Melakukan koordinasi dengan Dinas/ Instansi terkait dalam rangka evaluasi pelaksanaan program pembangunan sektor Sumber Daya Alam dan Pertanian;

        9. Melakukan monitoring pelaksanaan program pembangunan sektor Sumber Daya Alam dan Pertanian dan pembahasan hasilnya;

        10. Mengikuti perkembangan pelaksanakan pembangunan sektor Sumber Daya Alam dan Pertanian;

        11. Melakukan pembahasan kerja sama antar daerah tentang Sumber Daya Alam dan Pertanian;

        12. Membuat laporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan

        13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.