Bappeda Kota Pariaman Siapkan Jaringan Informasi Geospasial Tahun 2020

Pertemuan Persiapan Infrastruktur dan Jaringan Geospasial Kota Pariaman

Bappeda Kota Pariaman РKepala Bidang Sarana dan Prasarana Wilayah Bappeda Kota Pariaman, Rika Satya Ningsih, S.T. didampingi oleh Kasi Infrastruktur dan Tata Ruang Bappeda Kota Pariaman, Faisal, S.T., mengadakan pertemuan dengan sejumlah tenaga ahli dan surveyor jaringan informasi geospasial di ruang rapat Bappeda Kota Pariaman. Pertemuan ini membahas persiapan jaringan informasi geospasial Kota Pariaman pada tahun 2020. Jaringan informasi geospasial Kota Pariaman akan di-update datanya dengan luaran pengembangan beberapa aplikasi yang telah ada sebelumnya.

Berdasarkan Keputusan Walikota Pariaman dengan nomor: 228/050/2020, maka dibentuk Tim Teknis Jaringan Informasi Geospasial Daerah Kota Pariaman Tahun 2020. Salah satu komponen penting yaitu pembentukan tenaga ahli profesi jaringan informasi geospasial yang terdiri dari tenaga ahli informatika, tenaga ahli profesi bidang pemetaan/GIS, dan beberapa tenaga surveyor. Tenaga ahli informatika terpilih yaitu Budi Sunaryo S.T., M.T., tenaga ahli profesi bidang pemetaan/GIS yaitu Fajar Irawan, S.T., kemudian tenaga surveyor yaitu Wahyu Rahmat Kurnia, S.T. dan Agung Saputra, S.T.. Tim tenaga ahli profesi ini juga dibantu oleh beberapa mahasiswa dari jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) Universitas Bung Hatta dan Universitas Diponegoro.

Beberapa kegiatan dan luaran dari kegiatan ini yaitu sebagai berikut:

  1. Melakukan inventarisasi data yang terdapat di setiap OPD di Kota Pariaman yang berbasis geospasial
  2. Melakukan pengolahan data dasar OPD dan standar pelayanan minimal OPD berbasiskan geospasial
  3. Melakukan survey lapangan terkait data dasar OPD dan standar pelayanan minimal OPD dengan menggunakan GPS
  4. Memetakan data dasar OPD dan standar pelayanan minimal OPD yang berbasiskan geospasial
  5. Melakukan pengelolaan website Bappeda Kota Pariaman
  6. Melakukan updating webgis Kota Pariaman
  7. Membuat aplikasi berbasis android terkait informasi tata ruang dan data spasial Kota Pariaman.

Sistem Informasi Geospasial Kota PariamanDengan adanya kegiatan ini, semoga data informasi infrastruktur dan tata ruang Kota Pariaman akan lebih update dan bermanfaat bagi stakeholder. (Budi)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *